BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 21 April 2011

Great Barrier Reef - Karang Penghalang Besar




Gara2 kemaren liat On The Spot Trans 7, jadi punya pikiran pengen ke Queensland Ausie, tepatnya sih di Great Barrier Reef atau Karang Penghalang Besar (Ngimpi :o).

liat neh foto2nya..





neh ane kasih sedikit keterangan tentang Karang Penghalang Besar yg ane comot sana-sini dengan sedikit editan..

Great Barrier Reef atau Karang Pengahalang Besar tuh kumpulan terumbu karang yg paling besar di dunia yg terdiri dari kurang lebih 3000 karang dan ada sekitar 900an pulau yang membentang di sepanjang 2600 km di sebelah timur benua Australia. lokasi tepatnya di Laut Koral, di lepas Pantai Queensland di timur laut Benua Australia.






Great Barrier Reef bisa diliat dari luar angkasa lhoo. bahkan barisan karang2 besar neh kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia (wow :o). Tapi kenyataannya, karang2 ini terbentuk dari jutaan organisme kecil yang biasa di sebut polip koral (coral polyp). Great Barrier Reef juga merupakan tempat penting untuk berbagai habitat makhluk hidup air,dimana di karang2 ini diperkirakan ada 1.900 jenis spesies ikan,350 spesies terumbu karang keras, lebih dari 4.000 spesies moluska, dan ada lebih dari 400 spesies spons. Selain makhluk2 air, di Great Barrier reef juga terdapat pelabuhan penting sebagai tempat bersarang bagi banyak spesies burung laut. karenanya pada taun 1981, Karang Penghalang Besar ini dipilih sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.




 Karena biodiversitas tempat ini dimana perairannya yang hangat dan jernih juga keterjangkauannya dari fasilitas teraapung yang disebut live aboards, membuat tempat ini menjadi tujuan wisata yang sangat populer bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri, termasuk saya :D. tempat ini merupakan tempat yg cocok bagi penyelam2 scuba.
kota2 di sepanjang pesisir pantai Queensland menawarkan wisata laut ketempat ini dan bahkan beberapa pulau kontinental berubang fungsi menjadi resor.





Sumber :


1 Need Comment:

Anak Kost KANOMAN mengatakan...

Pingin ke sana ????

di tempat qu ada ????

:-P